Makna Studi Sejarah Gereja

Makna Belajar Sejarah Gereja
Studi Sejarah termasuk sejarah gereja kadang membosankan, para mahasiswa Teologi lebih senang belajar mata kuliah selain mata kuliah historika. Bagi mereka studi sejarah gereja tidak lain adalah studi menghafal fakta sejarah gereja yang amat beragam. Dengan begitu mereka tidak bergairah karena mata kuliah ini tidak lain mata kuliah penuh hafalam tahun, peristiwa-peristiwa yang sedemikian banyak. Namun benarkan sikap ini? Untuk itu perlu pendekatan yang bersifat filosofis terhadap fakta masa lampau yang kemudian menjadi bermakna. Makna inilah yang mau saya sampaikan disini. Dengan uraian singkat ini kita segera menyimpulkan makna belajar (mengetahui) Sejarah Gereja. Makna (kegunaan) belajar Sejarah Gereja adalah:

a) Belajar Sejarah Gereja menolong saya untuk mengetahui karya Allah Tritunggal pada masa lampau.
b) Belajar Sejarah Gereja menolong saya untuk mengetahui respons orang-orang percaya pada masa lampau terhadap panggilan Yesus melalui berita Injil
c) Belajar Sejarah Gereja menolong saya untuk memahami Perjanjian Baru
d) Belajar Sejarah Gereja menolong saya untuk mengetahui keberanian orang Kristen pada masa lampau dalam menghadapi penganiayaan (tantangan).
e) Belajar Sejarah Gereja menolong saya untuk memahami pergumulan Gereja dalam perjumpaannya dengan pemerintah
f) Belajar Sejarah Gereja menolong saya untuk memahami bahwa tidak selamanya Tuhan membiarkan umat-Nya menghadapi penganiayaan, tetapi memberi juga masa kelegaan (pembebasan) dari penderitaan.
g) Belajar Sejarah Gereja menolong saya memahami bahwa saya harus bersedia mengikuti Tuhan dalam masa susah dan senang
h) Belajar Sejarah Gereja menolong saya untuk tidak memutlakkan pemikiran teologis Gereja kita sendiri.
i) Belajar Sejarah Gereja menolong kita untuk tidak mengulangi kesalahan masa lampau
j) dst (masih terlalu banyak makan dari belajar Sejarah Gereja)

Periodisasi Sejarah Gereja Umum
Periodisasi adalah usaha menetapkan tahun-tahun, peristiwa-peristiwa, tokoh-tokoh yang berhubungan dengan Sejarah Gereja (Sejarah Gereja Umum I). Periodisasi Sejarah Gereja Umum dapat dibuat sbb:
a) Zaman Gereja Mula-mula 30 – 590
1) Zaman Gereja menghadapi penganiayaan 30-313
2) Zaman Gereja bebas dari penganiayaan 313-590
a. Zaman toleransi (agama toleransi) Th. 313
b. Zaman Agama Negara, Thn. 380
b) Zaman Gereja Abad Pertengahan 590-1492/1500
1) Awal abad pertengahan
2) Abad pertengahan yang jaya
3) Akhir abad pertengahan


Facebook Comment