Silabus Mata Kuliah Entrepreneur

Edisi Refisi 2019

STT Lukas Online yang dipimpin oleh Yonas Muanley, mempersembahkan contoh silabus Mata Kuliah Entrepreneur. Mata Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa dengan tujuan memberdayakan kemampuan entrepreneur (kemampuan sebagai makluk yang memiliki peta dan rupa Allah dalam dirinya) sehingga mampu mengubah masalah dalam penggembalaan atau pelayanan Pendidikan Kristen menjadi peluang kesuksesan. Dengan demikian silabus entrepreneur yang saya buat dapat dipublikasikan dalam weblog STT Lukas online. Berikut silabus edisi refisi sesuai kurikulum berbasis KKNI.





SILABUS
MK. ENTREPRENEURSHIP

Dosen Pengampu: Yonas Muanley


A. Deskripsi


Mata Kuliah ini menolong mahasiswa dalam upaya edukasi memberdayakan kemampuan untuk menciptakan peluang usaha (mampu memulai usaha), pencipta kerja dan bukan pencari kerja dengan berfokus pada kreativitas dan inovasi diri sebagai manusia Teopreneur (Manusia segambar dan serupa dengan TUHAN Allah) dan penatalayanan harta milik Tuan. Untuk mencapai maksud ini maka mata kuliah ini dikembangkan dalam beberapa pendekatan rekonstruksi materi yaitu mendasari pengetahuan dengan teori-teori entrepreneur secara teologis maupun secara umum, mengidentifikasi masalah, praktik Entrepreneur (mengubah masalah menjadi peluang) untuk mahasiswa STT IKSM Santosa Asih.


B. Model Pembelajaran

Ada berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sebuah mata kuliah yang diadakan di Perguruan Tinggi. Dari ragam model itu, mata kuliah ENTREPRENEURSHIP ditatakelola secara edukasi dengan menggunakan pendekatan berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), dengan pendekatan ini maka metode yang dipilih yakni Logic Model (Logic model adalah alat untuk melakukan perencanaan atas program yang akan dilaksanakan, dan evaluasi atas program atau kegiatan yang telah selesai maupun yang sedang berjalan serta program yang masih dalam tahap perencanaan: Cumoto/CM, Praktik memulai usaha). Intrapreneur adalah tipe karyawan atau pegawai yang memiliki ide-ide baru untuk mengembangkan usaha atau kerja di tempat kerja agar lebih sukses dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh tempat kerja.


C. Buku Acuan Utama

Buku yang dijadikan sebagai sumber acuan dalam Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yaitu:

BUKU-BUKU SUMBER







Intrapreneur adalah tipe karyawan atau pegawai yang memiliki ide-ide baru untuk mengembangkan usaha atau kerja di tempat kerja agar lebih sukses dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh tempat kerja.

D.Pelaksanaan Perkuliahan dan Penilaian

Lamanya pelaksanaan kuliah Strategi Pembelajaran PAK diadakan selama 14 minggu atau 14 kali pertemuan (tatap muka dilaksanakan dalam 1 minggu satu kali). Tahapan kuliah terdiri atas 7 pertemuan sebelum ujian tengah semester dan 7 pertemuan sesudah ujian tengah semester. Jadi, penilaian atau evaluasi terhadap prestasi mahasiswa dilaksanakan dalam 2 kali, yaitu melalui Ujian Tengah Semester atau UTS dan Ujian Akhir Semester atau UAS. Penilaian yang diperoleh mahasiswa dalam bentuk Nilai Akhir adalah akumulasi dari nilai seperti: kehadiran dan keaktifan di kelas (10%), tugas terstruktur (15 %), UTS (15%) dan UAS (60 %). Grade nilai terdiri dari: Nilai A (80 – 100), Nilai B (66 – 79,99), Nilai C (56,99), Nilai D (46 – 55,99) dan Nilai E (0 – 49,99). Nilai A, B dan C lulus, sedang nilai D dan E tidak lulus dan wajib diulang.

Author:

Facebook Comment