Pengertian Teologi Sistematika

Pengertian Teologi Sistematika
Kata"Sistematika" berasal dari kata sustematikos, artinya penempatan/ penyusunan secara tepat. Sistematika menunjuk pada sesuatu yang ditempatkan dalam sistim. Oleh sebab itu teologia sistematika berarti pembagian teologi ke dalam sistim yang menjelaskan berbagai bidang. Contohnya, banyak kitab dalam Alkitab yang memberi informasi mengenai malaikat. Tidak ada satu kitabpun yang memberi semua informasi mengenai malaikat. Teologia sistematika mengambil semua informasi mengenai malaikat dari semua kitab dalam Alkitab dan mengaturnya ke dalam suatu sistim, angelologi. Inilah yang dilakukan oleh teologia sistematika – mengatur pengajaran-pengajaran Alkitab ke dalam berbagai kategori.
Teologi sistematik atau Sistematika Teologi adalah upaya menyusun teologia-teologia yang membentuk Doktrin. Doktrin yang diajarkan oleh Alkitab tersusun atas Teologi-Teologi dari masing-masing penulis Alkitab (PL-PB). Teologia sistematika merupakan sebuah alat penting untuk menolong kita mengerti dan mengajarkan Alkitab dengan cara yang terorganisir/secara berurut/sistematis.
Jadi teologi sistematika adalah pengetahuan mengenai klasifikasi (penggolongan/urutan) pengajaran Alkitab ke dalam system secara logis (Definisi oleh Yonas Muanley)




Author:

Facebook Comment