Standar Kompetensi Mata Kuliah Pembentukan Kepribadian

Bagi Dosen pemula yang akan mengajar di STT dan sedang mencari rumusan standar kompetensi Mata Kuliah rumpun Mata Kuliah Pembentukan Kepribadian, maka postingan berikut ini dapat dijadikan sebagai refrensi menyusun Standar Kompetensi akan mata kuliah yang diasuhnya.


       1.      Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Standar Kompetensi

Kompetensi yang hendak diwujudkan dalam diri mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kewarganegaraan yaitu setelah interaksi (proses pembelajaran) selama satu semester, maka “mahasiswa sebagai orang Kristen dapat menunjukkan kemampuannya dalam hal menjelaskan pengertian tentang pancasila, UUD 1945 dan amandemennya, serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara Indonesia.” (Mampu menjelaskan dan menerapkan)

Berdasarkan tujuan tersebut di atas, para dosen dapat mencari materi yang relevan dengan tujuan mata kuliah. Materi yang dicari dapat dikembangkan dalam bentuk Kompetensi Dasar. Secara teori dapat dikembangkan dalam tiga sampai tujuh Kompetensi Dasar.
Contoh:
KD 1. Menjelaskan pengertian dan lahirnya Pancasila
KD 2. Menjelaskan  Undang-undang dan Amandemen UUD 1945
KD 3. Menjelaskan wawasan Nusantara
KD 4. Menjelaskan wawasan Nusantara
KD 5. Menghayati kewajiban Bela Negara dan Demokrasi
KD 6. Mengidentifikasi Masalah HAM, Pembangunan Nasional
KD 7. Mengaplikasikan Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sebagai orang
           Kristen

       2.      Mata Kuliah Komunikasi

Standar Kompetensi:

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian komunikasi yang efektif dan menerapkannya dalam kehidupan pelayanan di Sekolah, Gereja dan masyarakat.

Berdasarkan Standar Kompetensi (Tujuan Mata Kuliah) tersebut di atas, para dosen yang mengajar Mata Kuliah Komunikasi dapat memilih beberapa Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan dari Standar Kompetensi. Disini Kompetensi Dasar yang dibuat untuk mata kuliah Komunikasi adalah sbb:

KD 1. Menjelaskan pengertian komunikasi
KD 2. Menjelaskan teori prinsip-prinsip Komunikasi  secara umum
KD 3. Menjelaskan teori prinsip-prinsip Komunikasi Kristiani
KD 4. Memanfaatkan Informasi
KD 5. Memanfaatkan Teknologi Komunikasi
KD 6. Memanfaatkan Teknologi Data
KD 7. Praktik Komunikasi


       3.      Mata Kuliah Sosiologi

Standar Kompetensi:

Mampu merekonstruksi pengetahuan yang memadai tentang teori sosiologi dan menerapkannya dalam pelayanan di sekolah, Gereja dan masyarakat.

Berdasarkan rumusan tujuan tersebut di atas maka Standar Kompetensi Sosiologi dikembangkan dalam Beberapa Kompetensi Dasar, yaitu:

KD 1. Menjelaskan pengertian Sosiologi
KD 2. Menjelaskan ruang lingkup sosiologi
KD 3. Menjelaskan proses sosial
KD 4. Menjelaskan kelompok-kelompok sosial dan budaya masyarakat setempat
KD 5. Refleksi Teologis-sosiologis
KD 6. Bentuk-bentuk Strata Sosial
KD 7. Manfaat Sosiologi dalam pelayanan Gereja dan Kependidikan Gereja

       4.      Bahasa Inggris

Standar Kompetensi:

Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan bahasa Inggris dan menggunakannya dalam pelayanan sebagai calon pendeta dan pendidik Kristen.

       5.      Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Mampu berbahasa Indonesia secara baik dan benar baik dalam percakapan pelayanan maupun dalam menulis karya ilmiah (Skripsi)

KD 1. Menjelaskan sejarah dan Fungsi Bahasa Indonesia secara umum maupun pelayanan Gereja
           Indikator:
           1. Menjelaskan sejarah Bahasa Indonesia
           2. Menjelaskan Fungsi Bahasa Indonesia (hanya sebagai contoh, silakan lengkapi KD berikut 
               dengan indikator yang diperlukan)
       
KD 2. Menjelaskan pembakuan Bahasa Indonesia
KD 3. Menjelaskan Ragam Bahasa Indonesia
KD 4. Menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar
KD 5. Menjelaskan Diksi, Kalimat dan Paragraf
KD 6. Praktik membuat karangan, surat dan laporan penelitian
KD 7. Berbahasa Indonesia secara baik dan  

       6.      Mata Kuliah Logika

Standar Kompetensi:

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang logika, berpikir logis dan menerapkannya dalam tugas akademis maupun pelayanan gereja dan sekolah.

KD 1. Menjelaskan pengertian logika, logika Natural dan tradisional
KD 2. Menguraikan logika formal, simbolik, proposional dan kuantifikasional
KD 3. Menjelaskan Logika Indiktif
KD 4. Menuraikan Logika Deduktif
KD 5. Mengjelaskan Analogis
KD 6. Mengemukakan pendapat tentangKausalitas
KD 7. Menjelaskan Hipotesa dan Probabilitas

      7.      Metode Penelitian

Standar Kompetensi:

Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar teori metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif serta merancang dan melaksanakan serta melaporkan hasil penelitian dalam bidang teologi maupun pendidikan Kristen

      8.      Psikologi Umum

Standar Kompetensi:

Mahasiswa memiliki kemampuan pengetahuan psikologi dan menerapkannya dalam pelayanan kependidikan gereja maupun pelayanan pastoral

KD 1. Menjelaskan pengertian psikologi
KD 2. Menjelaskan sejarah lahir dan berkembangnya psikologi
KD 3. Menilai teori-teori psikologi dan menerapkan dalam pelayanan
KD 4. Mengevaluasi berbagai aliran psikologi dan menerapkan yang sesuai dengan nilai
            iman Kristen dalam pelayanan pastoral dan kependidikan Gereja
KD 5. Menjelaskan konsep-konsep perilaku manusia
KD 6. Menjelaskan fungsi jiwa dan faktor yang mempengaruhi tingkah laku manusia
KD 7. Mengevaluasi Teori-teori Kepribadian manusia serta menerapkan dalam 
            pelayanan pastoral dan pelayanan kependidikan Gereja


Informasi

Author:

Facebook Comment